Mandiri?

Masih keinget 9 tahun yang lalu, tanggal 6 bulan 7 tahun 2008. Selepas akad nikah dan ngunduh mantu (di hari yg sama), saya langsung diboyong suami ke rumah yang sdh dipersiapkan jauh-jauh hari (masih rumah punya mertua sih) yang lokasinya jauh dari rumah orang tua saya (orang tua tinggal di salah satu perumahan di daerah sentul jawa barat). Dari minggu awal pun udh kerasa berat, saya yang selalu apa2 tau beres, tau gampang, skr di hadapkan sama yang namanya hidup mandiri plus tambahan temen hidup yg hrs di perhatiin juga. Masak sendiri, belanja ke pasar sendiri (perdana pula), belanja bulanan jg hanya dengan suami, wah kalo ditanya bingung dan gagap bukan main deh. Awal masak sendiri juga menu yg saya masak juga aneh ngga nyambung, sayur asem lauk kornet goreng, sayur asemnya kebanyakan air, kornet gorengnya juga keasinan (++disaster). Alhamdulillah punya suami yg jujur dan suportif, jd saya tau gimana caranya memperbaiki yang salah atau kurang tanpa ngerasa usaha saya ngga dihargai.

Bulan 8 atau Agustus saya pertama kali ngga haid, cuma namanya pemula manalah ngerti kalo telat dtg bulan itu salah satu pertanda hamil. Saya cuek aja krn di saat yg sama saya jg lg excited2nya mulai kuliah profesi program Apoteker. Sampai suami saya menyadari kalo ada perubahan di diri saya, terutama masalah emosi. Setiap hari sering marah2 tanpa sebab, over sensitive, kalo ketemu suami maunya nyari2 kesalahan dia aja (sorry Pah). Akhirnya di akhir bulan Agustus saya ikutin saran suami utk beli test pack, dan bener dugaan dia, kalo saya hamil. Jujur saya setelah tau hasil test pack ngga ada tuh perasaan berbunga2, malah datar ngga tau apa yg saya rasain saat itu. Belakangan saya baru ngerti, mungkin saat itu semua terjadi kelewat cepet sampai saya ngga bisa merasakan momennya, feelingnya, baru satu bulan nikah, tinggal berdua, hamil, jauh dari orang tua saya, mulai kuliah lagi, perubahan mood yg ekstrem (mungkin pengaruh hormon), wah macem2 rasanya di dalam hati dan pikiran saya. Tapi kalo ngga cape kayak gini mungkin saya ngga akan pernah belajar mandiri, selalu ngandelin mamah, ngandelin sodara.

Sampai sekarang usia pernikahan 9 tahun pun dengan anak dua (tanpa asisten rumah tangga since 2013), kadang masih ngerasa belum bisa nge handle urusan anak dan rumah tangga dengan santai, msh srg marah2, senewen sendiri, apalagi kalo ada hal2 yg di luar keinginan saya ttg anak dan rumah tangga. Padahal saya tau teorinya, you can't controlled the future, it God plans for you. Kita ngga akan pernah bisa mengontrol sesuatu semuanya, semua keinginan dan harapan kita akan tercapai, kuncinya saya harus belajar ikhlas yg prakteknya ngga segampang nyebutnya he he. Saya sadar bahwa saya kdg msh belum dewasa menyikapi sesuatu, masih srg kebawa ego dan sering kurang bersyukur. Mungkin setiap rasa ngga enak, rasa cape, rasa hampir putus asa, rasa sedih adalah teguran dari Tuhan kalo saya harus lebih banyak bersyukur, harus ikhlas nerima segala sesuatu yg bukan keinginan atau harapan saya.

Tuhan punya rencana yg lebih baik, Tuhan tau batas kemampuan setiap umatnya, mana yang terbaik, mana yg pantas, yang perlu saya lakukan adalah menjalani hidup setiap harinya dengan perasaan bersyukur karena punya anak2 sehat dan tumbuh normal, suami yg suportif, dan masih diberi waktu untuk ketemu dan jalan2 weekend sama mamah dan adik2 saya, ya bener juga, apa coba yg kurang ya? Ngga setiap orang punya kehidupan kayak saya, Alhamdulillah.

Komentar

Postingan Populer